Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi KPK Dan FPB di Kelas IV SDN Krueng Baung

Authors

  • Nurdiana Nurdiana SD Negeri Krueng Baung, Aceh
  • Patri Janson Silaban SD Negeri Krueng Baung, Aceh
  • Lasma Silaban SD Negeri Krueng Baung, Aceh

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes, KPK and FPB

Abstract

Problems in learning mathematics, especially FPB and KPK material, are caused by many factors, one of which is the characteristics of mathematics. This research aims to determine student learning outcomes on KPK and FPB material in class IV of SDN Krueng Baung using the Problem Based Learning model. This research is Classroom Action Research (PTK) with a quantitative approach. The results of the research showed that there was an increase in student learning outcomes in KPK and FPB material in class IV of SDN Krueng Baung. This is proven by the results of research conducted on the pretest, 4 students (28.57%) received a passing score, while 10 students (71.42%) did not complete it, with an average score of 74.07. In the posttest, students' learning outcomes increased to 12 students (85.71%) and 2 students (14.28%) did not complete them, with an average learning outcome score of 79.21.

References

Agustin, R. R. (2016). Media pemahaman konsep KPK dan FPB bagi siswa kelas IV sekolah dasar berdasarkan analisis permainan congklak. Kalimaya, 4(2), 1–11.

Andayani, T., et al. (2013). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, September, 134–142.

Arikunto, S. (2017). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Murdiani. (2018). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar menjumlahkan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 4(2), 35–40.

Nahdi, D. S. (2018). Eksperimentasi model problem based learning dan model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).

Nurbaya, Y., & Samsudin, A. (2022). Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman KPK dan FPB siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 3268–3280.

Purwasih, S. M. (2020). Jurnal pendidikan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76.

Rahmadhan, D. (2018). Penerapan model PBL berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur air dan peristiwa alam kelas V SDN Cibodas I. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Silaban, P. J. (2015). Meningkatkan motivasi dan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan alat peraga pada mata pelajaran matematika di kelas VI SD Methodist-12 Medan tahun ajaran 2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Silaban, P. J. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VI SD Negeri 066050 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2(1), 107–126.

Silaban, P. J., & Hasibuan, A. (2021). Hubungan lembar kerja peserta didik berbasis CAT terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 48–59.

Sulaiman, A. (2013). Penerapan media permainan dakon dalam peningkatan hasil belajar berhitung siswa kelas 1 SD Al-Amin Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–7.

Zai, E., Anzelina, D., & Sinaga, R. (2020). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar tema indahnya kebersamaan di kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 344–349.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Nurdiana Nurdiana, Patri Janson Silaban, & Lasma Silaban. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi KPK Dan FPB di Kelas IV SDN Krueng Baung. Engment Journal , 1(1), 16–22. Retrieved from https://journal.akademitnial.ac.id/index.php/Engment/article/view/2